Kebijakan Privasi

Terakhir diperbarui: 15/03/2022

1. Pengenalan Kebijakan Privasi

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (selanjutnya disebut sebagai “Kementerian”) menghormati dan melindungi privasi pengguna dengan menerapkan ketentuan-ketentuan sebagai berikut:

  1. Kementerian akan menginformasikan kepada pengguna mengenai informasi pribadi yang akan dikumpulkan, dan, apabila diperlukan meminta persetujuan pengguna untuk mengumpulkan, mengolah, menggunakan, atau mengungkapkan informasi pribadi pengguna.
  2. Kementerian akan mengidentifikasi tujuan pengumpulan dan pengolahan lebih lanjut informasi pribadi pengguna.
  3. Kementerian hanya mengumpulkan informasi yang diperlukan untuk mencapai tujuan penggunaan yang telah diidentifikasi.
  4. Kementerian akan menggunakan atau mengungkapkan informasi pribadi pengguna sesuai dengan tujuan pengumpulannya, kecuali dengan persetujuan pengguna, atau sebagaimana yang disyaratkan atau diperbolehkan oleh hukum yang berlaku, dan Kementerian akan hanya menyimpan informasi pengguna selama diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut.
  5. Kementerian akan melakukan penilaian teknis dan organisasi yang sesuai untuk melindungi informasi pribadi pengguna.
  6. Kementerian akan membuat kebijakan dan penerapan Kementerian dalam menangani informasi pribadi pengguna dilakukan secara transparan.
  7. Pengguna akan memiliki akses pada informasi pribadi pengguna dan dapat memperbaiki informasi pribadi pengguna sebagaimana diperlukan sesuai dengan hak pengguna berdasarkan ketentuan hukum yang berlaku.

2. Ruang Lingkup Kebijakan Privasi

2.1 Tujuan Kebijakan Privasi

Kebijakan Privasi ini menjelaskan bagaimana Kementerian akan mengolah dan mengamankan informasi pribadi pengguna, dan hak serta pilihan yang pengguna miliki sehubungan dengan informasi pribadi. Kebijakan Privasi ini berlaku untuk: informasi pribadi yang pengguna berikan kepada Kementerian saat pengguna menggunakan Platform Rapor Pendidikan, layanan-layanan tambahan yang tersedia pada Platform Rapor Pendidikan, dan aplikasi lain yang terintegrasi dengan atau bekerja bersamaan dengan Platform Rapor Pendidikan dan informasi pribadi yang diperoleh Kementerian saat pengguna mengunjungi situs web yang dikelola oleh Kementerian terkait dengan Platform Rapor Pendidikan (secara bersama-sama disebut sebagai “Layanan”) dan informasi pribadi mengenai pengguna yang diberikan oleh pengguna Layanan lainnya.

Kebijakan Privasi ini berlaku apabila pengguna menggunakan Layanan, atau bagian apa pun dari Layanan.

3. Jenis Jenis Informasi yang Dikumpulkan Kementerian

3.1 Informasi Pribadi Yang Dikumpulkan

3.1.1 Informasi Mengenai Akun Pengguna

Saat pengguna membuat atau menggunakan sebuah akun untuk mengakses Layanan (“Akun”), Kementerian akan meminta pengguna untuk memberikan data email yang digunakan untuk login. Informasi ini penting karena pihak Kementerian akan memberikan akses masuk ke platform untuk pengguna yang sudah diberikan akses dengan akun pembelajaran, sebagai bagian dari upaya yang dilakukan untuk mendeteksi dan menghindari penggunaan oleh pihak yang tidak berwenang, atau penyalahgunaan Layanan.

3.1.2 Informasi Perangkat dan Catatan Akses Saat Menggunakan Layanan

Saat pengguna menggunakan Layanan, pihak Kementerian mungkin mendapatkan dan memelihara identifikasi elektronik tertentu atau catatan data yang secara otomatis tersedia dari perangkat pengguna, seperti: jenis perangkat, jenis OS, alamat Protokol Internet (IP address), informasi penjelajah web termasuk jenis dan pengaturan bahasa, pengenal perangkat, data cookie, pengenal aplikasi telepon seluler, jenis dan ekstensi perambah (browser plug-in). Kementerian juga akan mengumpulkan informasi tentang kunjungan pengguna, termasuk daftar lengkap Lokator Sumber Seragam (Uniform Resource Locators atau URL) yang dikunjungi menuju, melalui, dan dari Platform Rapor Pendidikan (termasuk tanggal dan waktu), produk atau fitur yang dilihat, cari dan/atau digunakan oleh pengguna, waktu respon halaman, masalah pengunduhan, lama kunjungan pada halaman tertentu, informasi interaksi pada halaman, data yang diberikan oleh pengguna ketika berinteraksi dengan pengguna lain, survey, maupun pengisian informasi yang relevan sehubungan dengan fitur dan program yang telah, sedang, maupun akan dilakukan.

Informasi ini diperlukan sebagai bagian dari upaya berkelanjutan pihak Kementerian untuk memberikan pengguna pilihan yang sesuai dengan kebutuhan, dan mengoptimalkan Layanan untuk pengguna.

3.2 Informasi Lain Yang Mungkin Dikumpulkan Kementerian

3.2.1 Alamat Email Pengguna

Apabila pengguna berkeinginan untuk mengakses Akun melalui beberapa perangkat atau mengalihkan Akun dari satu perangkat ke perangkat lain, pengguna harus memberikan alamat email dan komponen akses lainnya yang diperlukan kepada Kementerian, agar pihak Kementerian dapat menghubungkan perangkat-perangkat tersebut dengan Akun pengguna. Pihak Kementerian akan menggunakan alamat email terdaftar pengguna untuk memberikan akses dan informasi penting mengenai operasi Layanan.

3.2.2 Informasi Kontak untuk Bantuan Pengguna

Mungkin terdapat kondisi dimana pengguna mungkin berkeinginan untuk mengontak Kementerian untuk mendapatkan bantuan pengguna. Apabila pengguna mengontak melalui formulir kontak, atau dengan cara lain, Kementerian akan menerima dan menjaga informasi yang pengguna pilih untuk diberikan, termasuk nama, info kontak seperti alamat email, nomor telepon, dan juga informasi mengenai perangkat telepon seluler atau komputer pribadi seperti jenis perangkat, dan jenis OS. Kementerian akan menggunakan informasi tersebut untuk mengetahui dan menginvestigasi permasalahan yang dialami, memberikan bantuan, dan memperbaiki layanan bantuan. Kementerian akan mengolah informasi terkait dengan bantuan yang diminta, administrasi dari Akun pengguna, dan menyimpan informasi sesuai dengan ketentuan dari Kebijakan Privasi ini.

4. Penggunaan dan Penanganan Informasi Pengguna

4.1 Penggunaan Informasi Pengguna

Untuk menyediakan Layanan, Kementerian sebagai pengontrol data atau pengontrol data gabungan, menggunakan informasi pribadi pengguna untuk tujuan sebagai berikut:

  • Untuk menyediakan Layanan kepada pengguna;
  • Untuk memverifikasi identitas pengguna;
  • Agar pengguna dapat menggunakan akun di beberapa perangkat dan mentransfer akun ke perangkat lain;
  • Untuk menanggapi permintaan yang mungkin digunakan pengguna untuk menggunakan Layanan ;
  • Untuk memantau, mendeteksi dan mencegah penggunaan, atau penyalahgunaan Layanan oleh pihak yang tidak sah atau salah;
  • Memperbaiki dan/atau mengoptimalkan Layanan;
  • Untuk memungkinkan Kementerian memberikan dukungan penggunaan, dan menanggapi secara efektif pertanyaan dan klaim pengguna;
  • Melakukan survei pengguna;
  • Memberi informasi tentang Layanan kepada pengguna;
  • Memberi tahu pengguna tentang informasi penting lainnya mengenai Layanan, jika perlu;
  • Mengumpulkan data statistik anonim mengenai Layanan ; dan
  • Mematuhi undang-undang atau kewajiban hukum yang berlaku.

4.2 Perlindungan Data Pribadi

Kementerian telah menerapkan standar keamanan teknis dan organisasi yang sesuai untuk mencegah akses atau pengungkapan yang tidak sah, penyalahgunaan, penggantian, atau penghancuran informasi pengguna.

Untuk membantu melindungi privasi dan kerahasiaan informasi pribadi pengguna, Kementerian meminta pengguna untuk tidak berbagi kata sandi dengan orang lain, atau menggunakan kata kunci atau kata sandi yang sama dengan yang telah digunakan untuk layanan lainnya. Bila pengguna menduga ada penggunaan Akun yang tidak sah atau pelanggaran keamanan lainnya dapat menghubungi Kementerian melalui formulir kontak Kementerian.

4.3 Penyimpanan Data Pribadi Pengguna

Untuk menyediakan Layanan dengan cara yang andal dan bertanggung jawab, Kementerian memproses dan menyimpan informasi pengguna pada server yang telah terjamin keamanannya sesuai dengan standar dan ketentuan hukum yang berlaku.

4.4 Jangka Waktu Penyimpanan Informasi Pribadi

Kementerian menyimpan informasi pribadi yang Anda berikan sementara Akun Anda aktif; untuk jangka waktu yang dibutuhkan untuk memenuhi salah satu tujuan penggunaan yang berlaku yang dijelaskan dalam Kebijakan Privasi ini; atau mematuhi hukum dan peraturan yang berlaku.

Kementerian akan menyimpan informasi pribadi Anda setelah penutupan atau penghentian Akun Anda jika retensi cukup diperlukan: mematuhi undang-undang, peraturan, atau kewajiban hukum yang berlaku; untuk menyediakan dan melengkapi layanan dukungan pelanggan; atau untuk mendeteksi dan mencegah penggunaan, atau penyalahgunaan Layanan yang tidak sah atau tidak benar.

4.5 Penggunaan Pihak Ketiga Sebagai Penyedia Layanan

Untuk menyediakan Layanan, Kementerian dapat meminta penyedia layanan pihak ketiga untuk memproses data pengguna, yang mungkin mencakup informasi pribadi Anda. Kementerian akan mengevaluasi semua penyedia layanan pihak ketiga tersebut. Kementerian akan mengambil langkah-langkah yang wajar untuk memastikan bahwa pihak ketiga tersebut telah membentuk administrasi informasi dan sistem pengendalian organisasi yang tepat dan aman. Kementerian menetapkan bahwa pihak ketiga tersebut hanya dapat mengakses informasi pribadi pengguna sejauh diperlukan untuk melakukan tugas sesuai dengan instruksi Kementerian.

4.6 Pemberian Informasi Pengguna kepada Pihak Ketiga

Kementerian tidak akan memberikan informasi pengguna kepada pihak ketiga manapun tanpa sepengetahuan pengguna, kecuali hal tersebut dikecualikan, diharuskan, dan/atau diizinkan melakukannya berdasarkan undang-undang yang berlaku.

4.7 Pengecualian Kewajiban untuk Menjaga Kerahasiaan Informasi Pribadi

Kewajiban untuk menjaga kerahasiaan informasi pribadi tidak berlaku jika informasi (1) telah diketahui oleh publik pada saat diungkapkan atau yang telah diketahui oleh publik setelahnya dengan cara lain selain melalui tindakan atau kelalaian Kementerian; (2) telah diketahui oleh Kementerian sebelum informasi pribadi diungkapkan; (3) diperoleh secara layak dari pihak ketiga tanpa adanya kewajiban untuk menjaga kerahasiaan informasi tersebut; (4) telah atau sedang dalam proses pengembangan dari informasi yang diungkapkan oleh pengguna; (5) telah mendapatkan izin dari pengguna; dan (7) harus diungkapkan berdasarkan ketentuan perundang-undangan yang berlaku, putusan pengadilan, atau institusi pemerintahan yang berwenang lainnya, di negara manapun yang memiliki yurisdiksi.

5. Pilihan dan Hak Pengguna

5.1 Pengendalian Informasi oleh Pengguna

Dengan tunduk kepada hukum yang berlaku (termasuk setiap pengecualian atau penghilangan berdasarkan hukum peraturan perundang-undangan di Indonesia dan Kebijakan Privasi ini), pengguna berhak untuk mengakses informasi pribadi pengguna, memperbaiki kesalahan dalam informasi pengguna, dan untuk mengajukan keberatan atas pengolahan informasi pribadi pengguna dengan alasan yang sah. Pengguna dapat menjalankan beberapa hak tersebut secara langsung di dalam situs web dan/ atau aplikasi sewaktu-waktu.

Untuk menjalankan hak-hak pengguna lainnya berdasarkan hukum yang berlaku, pengguna dapat menghubungi kami menggunakan formulir kontak. Setelah melakukan verifikasi identitas pengguna, pihak Kementerian akan menanggapi permintaan pengguna dalam jangka waktu yang wajar, dan sesuai dengan hukum yang berlaku. Apabila pengguna berkeinginan untuk mengirimkan permintaan tertulis, diharapkan untuk merujuk kepada Pasal 6.1 untuk informasi kontak Kementerian.

Pengguna sepakat dan setuju bahwa Kementerian tidak bertanggung jawab untuk pelanggaran keamanan yang terkait pesan, informasi, atau dokumen yang dikirimkan oleh pengguna melalui jaringan internet.

Pengguna dapat memohon untuk penghapusan informasi pribadi pengguna pada Platform Rapor Pendidikan atau menarik persetujuan untuk setiap atau segala pengumpulan, penggunaan atau pengungkapan informasi pengguna dengan memberikan pemberitahuan yang wajar secara tertulis dengan mengisi formulir kontak yang tercantum pada pasal 6.1. Tergantung pada keadaan dan sifat permohonan yang diminta, pengguna harus memahami dan mengakui bahwa setelah penarikan persetujuan atau permohonan penghapusan tersebut, pengguna mungkin tidak lagi dapat menggunakan Platform Rapor Pendidikan. Penarikan persetujuan dapat mengakibatkan penghentian Akun pengguna atau hubungan kontraktual pengguna dengan Kementerian sehubungan dengan penggunaan Platform Rapor Pendidikan.

6. Informasi Penting Lainnya

6.1 Pertanyaan/Komentar/Perhatian

Apabila pengguna memiliki pertanyaan, komentar atau masalah apapun terkait dengan Kebijakan Privasi ini atau kebijakan privasi lainnya atau pelaksanaannya, silakan menghubungi pihak Kementerian dengan mengisi formulir kontak di bawah ini:

Pusat Bantuan: https://bit.ly/raporpendidikan

6.2 Perubahan atas Kebijakan Privasi

Kementerian dapat mengubah Kebijakan Privasi dari waktu ke waktu dengan alasan apapun termasuk untuk memperbaiki pelaksanaan penjagaan privasi yang dilakukan, untuk mencerminkan perubahan pada Layanan Kementerian, dan untuk mematuhi hukum yang berlaku.

Apabila Kementerian membuat perubahan yang berdampak substansial pada Kebijakan Privasi, pihak Kementerian akan memberitahukan kepada pengguna melalui Layanan atau cara yang wajar lainnya. Kementerian menganjurkan pengguna untuk meninjau perubahan tersebut secara seksama. Apabila pengguna setuju atas perubahan tersebut; maka pengguna dapat tetap menggunakan Layanan. Namun, apabila pengguna tidak menyetujui perubahan apa pun dan pengguna tidak lagi berkeinginan untuk menggunakan Layanan, pengguna dapat memilih untuk menutup Akun pengguna. Dengan tetap menggunakan Layanan setelah pemberitahuan perubahan telah dikomunikasikan kepada pengguna atau diumumkan pada Layanan, maka hal tersebut menunjukkan penerimaan pengguna atas perubahan dan persetujuan kepada pihak Kementerian untuk mengubah Kebijakan Privasi.

7. Pengakuan dan Persetujuan

Dengan menyetujui Kebijakan Privasi, pengguna mengakui bahwa pengguna telah membaca dan memahami Kebijakan Privasi ini dan menyetujui segala ketentuannya. Secara khusus, pengguna setuju dan memberikan persetujuan kepada Kementerian untuk mengumpulkan, menggunakan, membagikan, mengungkapkan, menyimpan, mentransfer, atau mengolah informasi pengguna sesuai dengan Kebijakan Privasi ini.

Dalam hal pengguna memberikan Informasi Pribadi yang berkaitan dengan individu lain (misalnya Informasi Pribadi yang berkaitan dengan pasangan, anggota keluarga, teman, atau pihak lain) kepada Kementerian, maka pengguna menyatakan dan menjamin bahwa pengguna telah memperoleh persetujuan dari individu tersebut untuk, dan dengan ini menyetujui atas nama individu tersebut untuk, pengumpulan, penggunaan, pengungkapan dan pengolahan Informasi Pribadi mereka oleh Kementerian.