Syarat & Ketentuan

Terakhir diperbarui: 15/03/2022

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (selanjutnya disebut "Kementerian") adalah kementerian yang memiliki program platform aplikasi Rapor Pendidikan yang dapat membantu kepala satuan pendidikan dan kepala dinas pendidikan dalam bentuk aplikasi web. Setiap kepala satuan pendidikan, kepala dinas pendidikan di provinsi dan kabupaten kota, operator satuan pendidikan, dan pejabat lainnya yang memiliki kewenangan berkaitan dengan akses terhadap informasi yang ada di dalam platform sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku yang berada di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dapat mengakses Platform Rapor Pendidikan untuk melihat Hasil Asesmen Nasional, Indikator Rapor Pendidikan, mengunduh laporan, melihat glosarium, dan melihat Pusat Bantuan di dalam satu platform tersebut.

Syarat dan Ketentuan ini mengatur penggunaan seluruh fungsi yang terdapat pada Platform Rapor Pendidikan yang berlaku terhadap seluruh pengguna dan terhadap setiap Pihak yang menyampaikan permintaan atau informasi kepada Kementerian. Dengan melakukan pendaftaran akun dan pengguna yang telah diberikan akses kepada Platform dan/atau menggunakan Platform Rapor Pendidikan maka pengguna telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui seluruh isi dalam Syarat dan Ketentuan ini.

SYARAT DAN KETENTUAN INI MERUPAKAN BENTUK PERJANJIAN YANG MENGIKAT SECARA HUKUM ANTARA PENGGUNA DENGAN KEMENTERIAN. PENGGUNA SECARA SADAR DAN SUKARELA MENYETUJUI SYARAT DAN KETENTUAN INI UNTUK MENGGUNAKAN LAYANAN DI PLATFORM RAPOR PENDIDIKAN. SYARAT DAN KETENTUAN INI DAPAT DIPERBARUI DARI WAKTU KE WAKTU DAN PENGGUNAAN PLATFORM YANG BERKELANJUTAN DIANGGAP SEBAGAI PERSETUJUAN UNTUK TUNDUK PADA PERUBAHAN SYARAT DAN KETENTUAN INI.

Definisi

Dalam Syarat dan Ketentuan ini, sepanjang tidak ditentukan lain, istilah-istilah di bawah ini mempunyai arti sebagai berikut:

  1. Pengguna adalah pihak terdaftar yang dapat mengakses Platform Rapor Pendidikan, termasuk namun tidak terbatas pada kepala satuan pendidikan, kepala dinas pendidikan di provinsi dan kabupaten kota, operator satuan pendidikan, dan pejabat lainnya yang memiliki kewenangan berkaitan dengan akses terhadap informasi yang ada di dalam platform sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, Pengguna aplikasi wajib mematuhi aturan penggunaan Platform Rapor Pendidikan beserta ketentuan-ketentuan lain termasuk namun tidak terbatas pada Kebijakan Privasi Platform Rapor Pendidikan.
  2. Akun adalah data tentang Pengguna, yang terdaftar pada akun pembelajaran Kementerian dan telah diberikan akses ke Platform yang dapat diisi oleh Pengguna,termasuk namun tidak terbatas pada data pendukung untuk melakukan eksplorasi pada platform yang terdiri dari ringkasan eksekutif, profil Rapor Pendidikan, unduh laporan, glosarium, dan pusat bantuan.
  3. Platform Rapor Pendidikan adalah aplikasi berbasis Web yang dapat diakses melalui browser perangkat laptop pengguna.
  4. Layanan adalah Platform Rapor Pendidikan termasuk namun tidak terbatas pada konten, fitur, dan fungsi apapun yang tersedia di atau melalui platform oleh atau atas nama Platform Rapor Pendidikan.
  5. Syarat dan Ketentuan adalah perjanjian antara Pengguna dan Kementerian yang berisi seperangkat ketentuan dan peraturan yang mengatur hak, kewajiban, tanggung jawab Pengguna dan Kementerian, serta tata cara penggunaan sistem Platform Rapor Pendidikan.
  6. Data/Informasi Pribadi adalah data terkait dengan Pengguna yang dapat teridentifikasi dan/atau dapat diidentifikasi secara tersendiri atau dikombinasikan dengan informasi lainnya baik secara langsung maupun secara tidak langsung melalui sistem elektronik dan/atau non-elektronik.

Layanan

Platform Rapor Pendidikan mengelola dan menyediakan Platform bagi Pengguna untuk melihat ringkasan eksekutif, mengakses profil Rapor Pendidikan, mengunduh laporan, glosarium, dan menghubungi pusat bantuan pada Platform Rapor Pendidikan yang dapat diakses melalui perangkat browser dari laptop Pengguna.

Pengguna, Akun, Keamanan, dan Password

Persyaratan wajib bagi Pengguna untuk mengakses layanan di Platform Rapor Pendidikan, antara lain:

  1. Mengakses Platform Rapor Pendidikan dan/atau menggunakan fitur hanya untuk tujuan yang sah dan dengan cara yang sah, setiap saat, dan juga setuju untuk melakukan aktivitas apapun terkait Layanan atau Platform Rapor Pendidikan dengan itikad baik.
  2. Pengguna wajib membaca, memahami serta mengikuti semua ketentuan yang diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini.
  3. Pengguna wajib memiliki akun pembelajaran yang terdaftar di Kementerian untuk mengakses platform Rapor Pendidikan.
  4. Pengguna wajib memahami bahwa detail informasi akun milik Pengguna adalah rahasia, dan karenanya Pengguna tidak akan mengungkapkan detail informasi akun Pengguna kepada pihak ketiga mana pun, termasuk password rahasia email untuk melakukan log-in ke Akun Pengguna. Platform Rapor Pendidikan atau petugas Kementerian tidak akan menanyakan password Pengguna (kecuali pada halaman di Platform Rapor Pendidikan ketika Pengguna masuk ke platform Rapor Pendidikan). Pengguna setuju untuk menanggung setiap risiko terkait pengungkapan informasi Akun Pengguna kepada pihak ketiga mana pun dan bertanggung jawab penuh atas setiap konsekuensi yang berkaitan dengan hal tersebut.
  5. Pengguna bertanggung jawab sepenuhnya atas informasi yang disebarluaskan dari Platform Rapor Pendidikan.

Kerahasiaan Informasi

Dalam mengakses mengakses layanan di Platform Rapor Pendidikan, Pengguna wajib untuk menjaga kerahasiaan substansi pada Platform Rapor Pendidikan yang dimiliki Kementerian yang dibukakan atau didapatkan oleh Pengguna kecuali untuk kebutuhan persetujuan terlebih dahulu dari Kementerian.

Pengguna wajib memberikan upaya terbaiknya untuk memastikan bahwa informasi yang didapatkan dari Platform Rapor Pendidikan tidak disebarluaskan dan/atau dipublikasikan kembali (republish) baik untuk kebutuhan komersial maupun non komersial.

Kementerian mencadangkan hak-haknya baik secara pidana maupun perdata untuk menindak Pengguna yang menyalahgunakan dan/ atau gagal menjaga kerahasiaan substansi di dalam Platform Rapor Pendidikan dengan menyebarluaskan dan/atau melakukan publikasi kembali (republish) secara tanpa hak, baik untuk kebutuhan komersial maupun non komersial, sesuai dengan ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

Pembaruan dan Modifikasi Syarat dan Ketentuan

Kementerian memiliki hak untuk melakukan pembaruan dan/atau perubahan Syarat dan Ketentuan dari waktu ke waktu jika diperlukan demi keamanan dan kenyamanan penggunaan Pengguna di Platform Rapor Pendidikan. Pengguna dengan ini setuju bahwa Pengguna bertanggung jawab untuk membaca secara saksama dan memeriksa Syarat dan Ketentuan ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui pembaruan dan/atau perubahan apapun. Dengan tetap mengakses dan menggunakan layanan di Platform Rapor Pendidikan, maka Pengguna dianggap menyetujui pembaruan dan/atau perubahan dalam Aturan Penggunaan ini.

Pengecualian Tanggung Jawab

  1. Platform Rapor Pendidikan mengambil langkah-langkah teknis dan keamanan yang sesuai dan wajar untuk menjaga agar Platform Rapor Pendidikan tetap aman dan bebas dari virus dan kesalahan. Namun, meskipun teknologi ini efektif, tidak ada sistem keamanan yang tidak dapat ditembus. Dengan demikian, kami tidak dapat menjamin keamanan basis data kami maupun menjamin bahwa informasi yang Pengguna berikan tidak akan dihadang saat dikirimkan kepada Platform Rapor Pendidikan. Kementerian akan menginformasikan kepada Pengguna secara tertulis apabila Kementerian mengetahui bahwa terdapat pelanggaran keamanan data yang melibatkan informasi pribadi Pengguna.
  2. Platform Rapor Pendidikan dapat mengalami pembatasan, penundaan, dan masalah lain terkait penggunaan internet dan komunikasi elektronik, termasuk kecacatan perangkat yang digunakan oleh Pengguna, tidak terhubung, di luar jangkauan, tidak aktif, atau tidak berfungsi. Kementerian tidak bertanggung jawab atas kerugian apa pun akibat masalah-masalah tersebut.